English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Guru Belajar dan Berbagi - Newsletter Volume 24

Tulisan ini menggambarkan implementasi salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yaitu berkebhinekaan global, yang dikaitkan dengan konteks keagamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi terhadap keberagaman sejak usia dini. Salah satu upaya untuk mendukung penumbuhan toleransi ini adalah melalui kegiatan "wisata toleransi". Bagaimana implementasinya, bacaan selengkapnya ada disini:

Elemen kunci dari beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong dan kreatif terdapat pada kemampuan menjalankan perintah ajaran agamanya, mempunyai rasa kemanusiaan seperti saling membantu antar sesama, dan dapat menghasilkan gagasan serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal. Bagaimana implementasinya? Selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut ini:

Tulisan ini memberi inspirasi terkait pencapaian visi religiusitas melalui kegiatan aksi nyata yaitu Jum'at Religius yang disingkat "Jurus". Kegiatan ini dikembangkan dari kegiatan imtak yang telah dilaksnakan di sekolah selama ini. "Jurus" bermaksud untuk menumbuhkembangkan keimanan dan memperkuat implementasi ketakwaan semua warga sekolah dan membudayakan perilaku mulia dan terpuji melalui pembiasaan. Detail dari kegiatan ini dapat dilihat pada tautan berikut ini:

Artikel dengan judul madrasah kembali ke rumahku, memberikan gambaran perlunya keteladanan dari orang tua dalam mengembangkan karakter positif anak. Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pada saat pandemi terjadi dan banyak siswa harus melaksanakan belajar dari rumah (BDR).

Cara mengimplementasi budaya positif di sekolah melalui kesepakatan kelas.

Kearifan budaya lokal seyogyanya diperkenalkan pada anak sejak dini, karena usia ini adalah usia yang peka, yang membutuhkan stimulus untuk mengenal kearifan budaya lokal yang telah ada sejak zaman sebelumnya. Pelestarian kearifan budaya lokal yang ada, akan lebih efektif apabila ditanamkan pada anak usia dini sehingga anak terbiasa mencintai dan menghargai budayanya sendiri. Aktivitas yang dilakukan selengkapnya ada pada tautan berikut ini :

  

RPP ini menggambarkan sebuah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila, membentuk sosial emosional yang baik pada peserta didik, serta pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu kegiatan nya yaitu melalui diskusi kelompok. Diharapkan siswa dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi, kreatif, dan bernalar kritis. Selengkapnya ada pada tautan berikut :

   

 
mt

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda

 
Copyright © Faceblog Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur